Pesan Tobat Synode GPM Tahun 1960

aRSIP:

Synode Geredja Protestan Maluku dalam Sidang tertangal 4 Mei Tahun 1960 di Kota Ambon, karena mengalami pergumulan rochani jang hebat, pergumulan mana mengenai Geredja ini dalam keseluruhannja, merasa sangat perlu dan wadjib menjampaikan pesan kepada sekalian anggota dan pedjabat Geredja, sebagai berikut:
1. Dengan penuh kerendahan hati, Synode mengaku serta pertjaja Anugerah dan Pimpinan Allah, jang telah memanggil dari antara umat manusia di Maluku, suatu persekutuan orang-orang pertjaja kepada Jesus Kristus, Djuru Selamat dunia; persekutuan jang dihimpunkanNja ke dalam Geredja Protestan Maluku ini, supaya mendirikan tanda jang njata dan mendjadi alat daripada Keradjaan Allah di dunia ini, bersama-sama dengan Geredja-geredja di Indonesia dan di seluruh muka bumi.
2. Synode mengaku, serta pertjaja, bahwa Geredja ini hanya hidup dan bertahan di sepandjang masa oleh Pimpinan Rochulkudus sebagaimana ternjata dalam Pemberitaan Firman Allah dan Pelajanan tanda-tanda Ezrad jang kudus
3. Synode mengaku pula, bahwa seluruh Geredja ini tidak selalu mau dan jakin akan Anugrah dan Pimpinan Rochulkudus itu serta taat kepadaNja, sehingga dalam menunaikan panggilannja terhadap kepada dunia ini, Geredja tampak lemah dan gagal (Rum.3:9-19); tetapi Geredja mengaku bahwa Allah tidak mengambil RochNja dari tengah-tengah Geredja ini dan tidak melepaskan segala perbuatan tanganNja. Geredja pertjaja dan jakin, bahwa Roh Allah bukan Roh jang mematikan, melainkan Roh yang menghidupkan.
4. Synode dalam persidangannja mengaku pekerdjaan Rochulkudus itu dan hendak taat kepadaNja, seraja berdasarkan pengakuan itu hendak diperbarui dan memperbarui diri
5. Djalan jang pertama ke arah pembaruan itu ialah pertobatan total dari seluruh anggota-anggota dan pedjabat-pedjabat Geredja
6. Synode jakin dan pertjaja, bahwa pembaruan Geredja dan pensutjian hidup hanja dapat berlaku oleh Firman Allah dan Rochulkudus.

Berdasarkan kejakinan di atas, maka Synode dalam PESANNJA ini memanggil sekalian anggota dan pedjabat Geredja Protestan Maluku untuk menaklukkan diri ke bawah Firman Allah seraja mewudjudkannja di dalam kesuluruhan hidup di tengah-tengah dunia ini.



Ds. P. de Fretes Ds. D. Louhenapessy
Ketua Sekretaris

Comments

Popular posts from this blog

MAKNA UNSUR-UNSUR DALAM LITURGI

Makna Teologis dan Liturgis Kolekta/Persembahan

Tahap Perkembangan Kepercayaan