Sunday, May 24, 2009

JANGAN MERANCANG KECELAKAAN

Bahan Bacaan : Mazmur 52:3-9 (Tematis)


Petuah orang tua-tua: ‘hidop nih musti biking bae saja, jang cari lawan’! Petuah-petuah ini adalah bentuk-bentuk ajaran hikmat yang setara dengan Mazmur. Artinya betapa perbuatan baik itu adalah sesuatu yang paling ideal dan perlu dalam hubungan dengan sesama. Perbuatan baik itu menunjukkan kualitas hidup kita (orang percaya).

Kalau ada yang beda antara kita (orang benar) dengan orang-orang lain (orang fasik), perbedaan itu adalah pada gaya hidup (life style), dan carapandang mengenai perlunya melakukan kebaikan.
Karena itu, merancang kecelakaan kepada sesama, dalam setiap bentuknya, menunjukkan rendahnya kualitas hidup kita sebagai orang percaya. Sebab merancang kecelakaan sesama hanya dilakukan oleh orang-orang jahat, yaitu mereka yang sudah tidak mau hidup diatur oleh berbagai aturan moral, hukum dan agama. Orang-orang yang tidak tertib hidupnya.

Setiap hari, kita bisa berpeluang merancang kecelakaan, baik dengan pikiran kita, tutur kata dan lidah kita, dengan tangan (sambil memegang senjata atau juga pena), di dalam rumah, kantor, sekolah, kampus.

Karena itu yang penting dimaknai adalah jika hidup kita hanya untuk merancang kecelakaan terhadap sesama, Tuhan tidak akan berkehendak dengan semuanya itu, malah Ia akan merobohkan kita untuk selamanya (Mzm.52:7). Orang yang suka merancang kecelakaan itu tidak percaya kepada Tuhan, dan tidak menjadikan Tuhan tempat perlindungannya. Maka, berlindunglah pada Tuhan agar kita tetap melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.(*)

No comments:

Tabea Upu Ina Upu Ama

This is my personal blog which contain my ideas. I welcome you to read and give the critical comments. And let us going to progressive discourse!